Selasa, 16 Juli 2013

Peresmian Rumah Dinas Pendeta di Rg. Teluk Sasah Bintan


 ‘’   Mimpi yang Menjadi Kenyataan   ‘’

Oleh: Cl. Pdt. Herdiana Br. Sembiring


“Bermimpilah maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”  merupakan ungkapan yang sungguh terwujud dalam perjalanan kehidupan Rg  GBKP  Teluk Sasah (Bintan) klasis Riau Sumbar. Mimpi untuk memiliki rumah ibadah, mimpi untuk memiliki PKPW dan akhirnya mimpi untuk memiliki rumah dinas PKPW.  Oleh karena sebuah mimpi yang telah digumuli bersama oleh anggota jemaat  akhirnya pada hari Sabtu, 18 Agustus 2012 pukul 05.00 wib diadakanlah acara peresmian rumah dinas PKPW Rg GBKP  Teluk Sasah dengan rangkaian acara kebaktian memasuki rumah baru yang dilayani oleh Pdt. Pribadi Sembiring, S. Th (sekretaris Klasis Riau Sumbar). Disaksikan oleh seluruh jemaat Rg GBKP Teluk Sasah dan Runggun tetangga yaitu: Rg. Batu Aji  dan perpulungen tanjung pinang (Bintan), IKK (Ikatan keluarga Karo sadanioga) kunci diserahkan oleh panitia pembangunan yang menjadi tuan rumah mewakili jemaat kepada pendeta, maka dibukalah pintu rumah ini di dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Segala keletihan yang dirasakan panitia dan jemaat mulai dari tahap pembangunan awal pada bulan November 2011 sirna lah setelah melihat bangunan rumah yang tegak berdiri di dalam nama Allah tritunggal.
                Melalui  Khotbahnya pdt menyampaikan firman Tuhan melalui bacaan Kejadian 28:10-22. Jikalau pada waktu itu Allah memberikan tanah tempat pembaringanYakub melalui mimpinya, maka pada saat ini pula melalui mimpi seluruh anggota jemaat maka rumah dinas PKPW ini juga telah dierikan oleh Tuhan kepada Runggun Teluk Sasah. Dan jika pada saat itu ungkapan syukur Yakub diwujudkannya dengan menjadikan Betel menjadi tempat kudus (tempat dimana Tuhan berada), menjadikan batu alas tidurnya sebagai tugu yang menjadi rumah Allah. Maka pada saat ini ungkapan syukur jemaat juga dibuktikan dengan menjadikan rumah PKPW ini menjadi rumah Allah, tempat jemaat bertemu dengan Allah , dimana jemaat bisa melihat wajah Allah dan merasakan kebahagiaan seperti yang dirasakan oleh Yakub. Inilah pesan firman Tuhan yang disampaikannya melalui hambanya bahwa PKPW bersama seluruh jemaat harus bersama-sama menjaga kekudusan rumah ini karena rumah ini adalah lambang kehadiran Allah, tempat berdoa, mendoakan seluruh jemaat Tuhan.


                Setelah selesai kebaktian maka dilanjutkanlah acara makan bersama, dengan hidangan pertama cimpa dan pisang (hidangan yang manis-manis) dengan harapan bahwa kehidupan yang akan dijalani di dalam rumah ini akan manis semanis cimpa. Setelah makan bersama maka dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan dari BP Runggun, panitia pembangunan, dan vicaris teluk sasah yang mewakili jemaat dengan mengucapkan terimakasih kepada segala pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan rumah ini dengan harapan kebersamaan tetap terjalin.  Dilanjutkan dengan pesan-pesan yang disampaikan oleh BP Klasis Riau Sumbar, runggun tetangga dan juga IKK. Acara kemudian ditutup dengan doa  dan harapan nama Tuhan tetap dimuliakan di dalam kehidupan jemaat Tuhan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar